Stop, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Pada Outfit atau Sepatu Berbahan Corduroy!

Selain bahan jeans atau kulit, bahan corduroy juga menjadi salah satu pilihan menarik lho untuk dijadikan outfit atau sepatu.

Bahan corduroy biasanya banyak ditemukan model celana, jaket, topi, atau sepatu. Bahan corduroy memiliki tekstur yang lembut, halus dan memiliki garis-garis, sehingga outfit atau sepatu yang dihasilkan terkesan mewah, vintage, dan juga elegan.

Agar koleksi outfit atau sepatu berbahan corduroy-mu terawat dengan baik dan selalu tampak bagus, kali ini NOKHA Team bakal share 5 hal yang jangan dilakukan pada outfit atau sepatu berbahan corduroy! Yuk, disimak Fellas.

Jangan mencuci corduroy dengan bahan yang berserat

Bahan corduroy memiliki tekstur yang lembut dan rentan rusak, sehingga jika dicuci dengan bahan lain yang berserat, serpihan benang atau serat itu bisa menempel. Serat-serat yang menempel ini sulit dibersihkan dan membuat tampilan corduroy menjadi brudul dan terlihat kusam. Selain itu, jangan merendam bahan corduroy terlalu lama. Cukup 5-10 menit saja, karena merendam bahan corduroy terlalu lama dapat merapuhkan serat-serat kain.

Jangan mencuci corduroy dengan air hangat

Mencuci bahan corduroy sebaiknya menggunakan air dingin atau air dengan suhu normal. Air hangat akan membuat serat corduroy mudah rapuh saat kering. Jika rapuh serat corduroy akan rontok yang mengakibatkan kain ‘botak’ enggak rata seperti jamur.

Gunakan deterjen cair yang lembut

Saat mencuci bahan corduroy sebaiknya gunakan deterjen cair berformula lembut yang khusus untuk mencuci pakaian yang berbahan halus, seperti beludru atau sutra. Jangan menggunakan deterjen bubuk yang memungkinkan butiran deterjen menempel pada sela- sela serat kain corduroy. Kalau enggak ada deterjen cair, kamu bisa menggantinya dengan deterjen krim sebagai pengganti.

Hindari paparan sinar matahari langsung saat mengeringkannya

Jangan lupa juga untuk menggantung corduroy setelah dicuci. Hal ini dilakukan untuk memastikan bentuknya tetap terjaga rapi dan tidakmengerut. Saat mengeringkannya, bahan corduroy sebaiknya cukup diangin-anginkan saja. Jangan menjemur di bawah terik sinar matahari langsung, karena, sinar matahari bisa membuat warnanya luntur dan terlalu kering sehingga bahannya bisa menjadi kaku.

Jangan terlalu sering mencuci bahan corduroy

Jangan terlalu sering mencuci pakaian atau sepatu yang terbuat dari bahan corduroy, agar pakaian atau sepatu corduroymu tetap terjaga dan tahan lama. Terlebih untuk jaket dan pakaian yang berbahan corduroy, jangan sering mencucinya karena hanya akan membuat jaket tersebut menjadi cepat rusak jika sering terkena air. Dan yang terakhir, jangan pernah mencoba untuk menyikatnya ya, karena akan membuat permukaan bahan corduroy tersebut menjadi berserabut.

Nah itu dia 5 hal yang enggak boleh kamu lakukan pada pakaian atau sepatu dengan bahan corduroy supaya awet dan gak cepat kusam. Semoga tips untuk merawat bahan corduroy di atas tadi bermanfaat ya. Jangan lupa follow Instagram @Nokha.co untuk dapetin info menarik lainnya ya, Fellas!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s